Tujuan
- Mempererat silaturahim antara pengurus RT dengan warga
- Menjalin komunikasi yang lebih baik dengan warga
- Membangun kebersamaan dan solidaritas
- Memotivasi warga yang jarang aktif agar kembali bergabung dalam kegiatan RT
- Meningkatkan partisipasi dan keterlibatan warga
- Mengetahui kondisi nyata dari rumah warga sehingga lebih memahami kebutuhan warga
- Memberikan dukungan dan membantu warga yang membutuhkan
- Menghargai warga bahwa keberadaanya diakui dan dimuliakan
- Menggali potensi dan sumber daya lokal warga
Masalah yang ingin diselesaikan
- Rendahnya partisipasi warga
- Kurangnya informasi tentang kondisi warga
- Terputusnya komunikasi antar warga
- Ketidakaktifan warga yang perlu diperhatikan
- Kurangnya identifikasi potensi dan sumber daya warga
Sasaran utama kunjungan
- Warga yang jarang aktif dalam kegiatan RT
- Warga yang sedang bermasalah
- Warga type sulit
- Warga dengan alasan khusus saat itu seperti melengkapi data kependudukan, penagihan iuran, atau lainnya
Membuat daftar warga yang akan dikunjungi bulan ini
- Daftar tersebut dibuat berdasar sasaran utama kunjungan
- Buat daftar tabel orang sulit + Teknik pendekatan untuk orang sulit
- Petakan dan kuasai
Contoh Tabel Daftar Orang Sulit
No | Nama | Alamat Rumah | Contoh masalah | Celah & Strategi menghadapinya |
1 | ............ | ............ | Pendiam, suka menyendiri, jarang kumpul | |
2 | ............ | ............ | Suka ribut dan tengkar dengan tetangga | |
3 | ............ | ............ | Nunggak iuran RT berbulan-bulan |
Contoh Tahapan Pendekatan:
- Pendekatan dengan santai dan ramah
- Bangun kepercayaan melalui komunikasi terbuka
- Menyelidiki masalah yang mendasari perilaku sulit
- Melibatkan pihak terkait, seperti keluarga atau teman dekat
- Menawarkan bantuan atau sumber daya yang dapat membantu mengatasi masalahnya
- Terus menjaga komunikasi yang positif dan terbuka
Belajar mengenali dan memahami kesulitannya agar dapat memahami akar permasalahan sesungguhnya dan bisa sejauh mana kita membantu mencarikan solusikan yang tepat
Hal ini bisa dilakukan dengan cara:
- Mengamati perilakunya
- Berbicara langsung dengan warga tersebut atau orang-orang terdekatnya
- Mencari informasi dari sumber lain yang relevan
Jadwal
- Kunjungan akan dilakukan 2 bulan sekali pada minggu pertama
- Kecuali dalam keadaan/alasan tertentu kunjungan bisa dipercepat
Pembahasan kunjungan
- Dalam kunjungan tersebut, pengurus RT akan berbincang-bincang dan mencatat hal penting dengan warga seperti:
- Silaturahim, menanyakan kabar
- Mengisi formulir sensus pendataan kondisi warga
- Kondisi kesehatan warga
- Menanyakan keluhan atau masalah yang sedang dihadapi
- Kebutuhan warga yang kurang dan apa yang bisa dibantu
- Mencatat kondisi warga, bantuan apa saja yang dibutuhkan?
- Pendataan:
- Melengkapi data kependudukan yang kurang
- Mencatat informasi terkait kebutuhan khusus dan potensi tiap keluarga
- Penelusuran bakat dan potensi warga
- Mengidentifikasi kemampuan atau keahlian khusus yang dimiliki warga yang dapat diintegrasikan dalam kegiatan RT
- Mulai ajak diskusi terkait materi ke-RT-an seperti:
- Sosialisasi aturan baru
- Cara baru pembayaran iuran RT
- dll
- Promosikan kegiatan RT
- Menyampaikan informasi mengenai program kerja RT yang akan datang dan mendorong partisipasi aktif warga
- Minta usulan perbaikan dan usulan program yang akan datang
Cara Pelaksanaan
- Pengurus akan memberitahukan ke warga terkait rencana kunjungan pada hari dan jam yang disetujui warga
- Memberitahukan jauh-jauh hari, minimal 1 hari sebelumnya
- Terutama pada minggu pertama tiap bulan
- Pilih waktu yang tepat, misalnya saat dia tidak sedang sibuk atau lelah
- Warga diminta meluangkan waktu di rumah sesuai jadwal yang disepakati
- Kabari lebih dahulu, ngomong mo dolan silaturrahim
- Pada hari H, 2-3 orang pengurus akan datang ke rumah warga
- Melibatkan beberapa anggota pengurus untuk memastikan keakraban dan efektivitas kunjungan. Dan kadang perlu hanya datang sendiri, untuk privasi dan tidak merasa digrudug/ditekan
- Membawa bingkisan ringan untuk hadiah kunjungan
- Kunjungan dilakukan dengan suasana ramah, hangat, dan kekeluargaan. Membangun atmosfer yang nyaman dan terbuka. Menciptakan suasana yang mendukung dialog terbuka mengenai kebutuhan dan aspirasi warga
- Ajak cakap dari hati-kehati, menunjukkan bahwa kita peduli dan ingin mengenalnya lebih baik
- Bersikap sopan dan hormat
- Bangun komunikasi yang baik
- Bersikap ramah dan sopan
- Mendengarkan penuh perhatian
- Menghindari sikap menghakimi atau menyalahkan
- Mulai bercakap dengan sesuatu yang ringan
- Ajak diskusi santai sambil minum teh atau kopi. Buat percakapan mengalir secara alami tanpa interogasi. Fokus pada topik-topik netral dan positif
- Contoh kalimat yang bisa digunakan untuk memulai percakapan dengan orang sulit dan tertutup (lebih baik pakai bahasa jawa halus kalo orangnya paham):
- "Maaf mengganggu, saya ketua RT baru disini ingin memperkenalkan diri..."
- "Selamat pagi/siang/malam... bapak .... Gimana kabarnya hari ini?"
- "Saya lihat anda sedang melakukan sesuatu. Apa itu?"
- "Saya suka hobi ... anda juga suka hobi ... ini tho?"
- "Saya mendengar anda sedang melakukan ... Itu keren sekali!"
- Beri perhatian dan dukungan
- Dengarkan penuh perhatian apa yang dikatakannya
- Puji hal-hal positif yang dimilikinya
- Dengarkan keluh kesahnya dengan sabar
- Tawarkan bantuan jika dia membutuhkan
- Jangan memaksanya berbicara jika dia tidak ingin
- Pengurus akan memperkenalkan diri dan menjelaskan tujuan datang
- Dimulai dengan menyapa, berbincang ringan, hingga mulai membahas pembahasan kunjungan
- Pelan-pelan arahkan ajak ia berpartisipasi dalam kegiatan RT, jika sudah mulai bersedia
- Lama kunjungan secukupnya
- Foto-foto dokumentasi bersama
Evaluasi
- Evaluasi tiap bulan setelah kunjungan dilakukan; umpan balik warga, dan rencana tindak lanjut jika ada permintaan bantuan dari warga
- Dilakukan pengurus RT untuk mengetahui efektivitas program
Potensi Hambatan
- Warga tertentu mungkin akan menolak dikunjungi
- Menjaga sikap sopan dan ramah agar warga merasa nyaman dikunjungi
Ide dan Solusi
- Jika hasilnya masih dirasa kurang efektif, untuk kunjungan selnjutnya pengurus dapat meminta bantuan keluarga dekat/tokoh masyarakat/agama
- Yang lebih di bisa didengarkan untuk membantu membujuk warga yang jarang aktif agar sedia dikunjungi dan bisa mendapatkan solusi yang lebih komprehensif serta mengikat
- Minta bantuan orang yang lebih dekat/dihormati olehnya
- Jika ada tetangga yang lebih akrab dengannya, minta bantuan mereka membantu memperkenalkan dan menjembatani komunikasi
- Tips menghadapi orang sulit
- Tetap tenang dan sabar, tidak mudah terpancing emosi
- Bersikap bijaksana, tidak ambil tindakan yang gegabah dan buru-buru
- Bersikap empati, coba belajar memahami bagaimana jika di posisi orang tersebut
- Tunjukkan bahwa kita memahaminya. Orang sulit aktif dan tertutup mungkin punya alasan tersendiri untuk bersikap seperti itu. Coba memahami alasan mereka tanpa menghakimi
- Jadi tetangga yang baik
- Jika ada kegiatan atau pertemuan RT, kabari untuk ikut serta. Hal ini dapat membantunya merasa lebih terlibat dalam komunitas RT
- Beri informasi menarik tentang kegiatan RT agar ia tertarik berpartisipasi, dan buat ia merasa rugi jika tidak datang
- Libatkan dalam kegiatan yang tidak terlalu formal dan mengikat, misal kerja-bakti lingkungan, arisan ibu-ibu, dll. Mulai dari hal kecil
- Undang dan libatkan anak-anak mereka juga bisa membantu orang tuanya ikut aktif kembali. Anak-anak biasanya lebih terbuka dan mudah diajak kerja sama
- Kalau tidak dapat orang tuanya minta izin dapatkan anaknya, bisa ikut aktif dalam kegiatan RT
- Beri pujian dan pengakuan ketika mereka mulai aktif lagi, ini akan memotivasi mereka makin positif dan percaya diri. Hindari kritik yang bisa membuat mereka tersinggung
- Kuncinya adalah pendekatan yang tulus, penuh empati, tanpa paksaan. Tunjukkan bahwa kita benar-benar peduli dengan kesejahteraan dan kebahagiaan mereka
- Sabar dan tidak memaksa. Orang sulit aktif dan tertutup biasanya butuh waktu lama membuka diri, jadi harus bersabar tidak memaksanya berubah segera. Beri waktu dan ruang baginya mengenal kita dan percaya pada diri kita
Contoh surat kunjungan silaturahim pengurus RT lewat WA:
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Dengan hormat, Semoga surat ini menemui Anda dalam keadaan sehat dan bahagia. Kami menginformasikan bahwa Pengurus RT 7 RW 21 berencana akan melaksanakan kunjungan silaturahim ke rumah Bapak/Ibu sekalian pada:
Hari/Tanggal : ..... ..... ..... 202....
Waktu : Pukul ..... - ..... WIB
Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin silaturahim yang erat antara pengurus RT dengan seluruh warga.
Agenda kunjungan:
- Silaturahim dan menanyakan kabar
- Mengisi formulir sensus pendataan kondisi warga :
- Kondisi kesehatan warga
- Menanyakan keluhan atau masalah yang sedang dihadapi
- Kebutuhan warga yang kurang dan apa yang bisa dibantu
- Mencatat kondisi rumah warga untuk bantuan apa saja yang dibutuhkan
- Pendataan:
- Melengkapi data kependudukan yang kurang
- Penelusuran bakat dan potensi warga
- Diskusi terkait materi ke-RT-an seperti:
- Informasi terkait program kerja RT
- Sosialisasi aturan baru
- dll
- Minta usulan perbaikan dan usulan program yang akan datang
- Foto-foto bersama
Kami mohon dengan hormat kesediaan Bapak/Ibu untuk dapat menyambut kunjungan ini dengan baik. Bagi Bapak/Ibu yang berhalangan mohon memberitahukan kami lewat nomer WA ini ................
Atas perhatian dan kerjasama kami ucapkan banyak terima kasih.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Pengurus RT 7/21
(Ketua RT)